Apa itu Penyakit Kanker?

Pengertian Kanker


Kanker adalah pertumbuhan sel bizarre yang tidak terkontrol di dalam tubuh. Sel kanker juga disebut sel ganas.

Kanker tumbuh dari sel dalam tubuh. Kanker adalah penyakit genetik, hal ini disebabkan oleh perubahan pada gen yang mengendalikan fungsi sel kita, terutama bagaimana mereka tumbuh dan membelah.Sel kanker dapat mempengaruhi sel normal, molekul, dan pembuluh darah yang mengelilinginya.

Kanker terjadi ketika bahan genetik sel menjadi berubah. Hal ini menyebabkan sel-sel tumbuh di luar kendali. Sel membelah terlalu cepat dan tidak mati dengan cara biasa.Secara garis besar penyakit kanker dapat dikelompokan ke dalam 2 jenis, yaitu:

Tumor kanker ganas

Yaitu menyebar ke dalam, atau menyerang, jaringan di dekatnya. Selain itu, saat tumor ini tumbuh, beberapa sel kanker ini dapat menyebar jauh ke dalam tubuh melalui darah atau sistem getah bening dan membentuk tumor baru yang jauh dari tumor aslinya.

Tumor jinak

Tumor jinak tidak menyebar ke dalam, atau menyerang. Tumor jinak kadang bisa cukup besar. Bila diangkat atau di buang, biasanya tidak tumbuh kembali.

Kanker bisa tumbuh dan berkembang di semua organ atau jaringan tubuh manusia, seperti pada paru-paru, usus besar, payudara, kulit, tulang, atau bahkan jaringan saraf otak manusia.

Penyebab terjadinya kanker, antara lain:

 


Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol
Masalah pada genetik
Kegemukan atau obesitas
Terlalu banyak paparan sinar matahari
Adanya Virus


Tiga jenis kanker yang paling umum ialah:

Kanker prostat
Kanker paru-paru
Kanker kolorektal

Kanker pada kulit, terdidri dari tiga jenis kanker yang paling umum ialah:

Kanker payudara
Kanker paru-paru
Kanker kolorektal

Beberapa jenis kanker lainnya ialah:

Kanker otak
Kanker serviks
Kanker ginjal
Kanker hati
Kanker ovarium
Kanker pankreas
Kanker testis
Kanker tiroid
Kanker rahim

Gejala Penyakit Kanker

 


Gejala kanker tergantung pada tipe dan lokasi kanker. Misalnya, kanker paru-paru bisa menyebabkan batuk, sesak napas, atau sakit dada. Kanker usus besar sering menyebabkan diare, konstipasi, dan darah di tinja.

Beberapa jenis kanker mungkin tidak memiliki gejala apapun. Pada kanker tertentu, seperti kanker pankreas, gejala sering tidak dimulai sampai penyakitnya mencapai stadium lanjut.

Gejala berikut mungkin terjadi pada beberapa jenis kanker seperti:

Panas dingin
Kelelahan
Demam
Kehilangan selera makan
Rasa tidak enak
Berkeringat malam
Penurunan berat badan


Pengobatan atau obat Penyakit Kanker

 


Pengobatan bervariasi berdasarkan jenis kanker dan stadiumnya. Tahapan kanker mengacu pada berapa banyak yang telah tumbuh dan apakah tumor telah menyebar dari lokasi asalnya.

Jika kanker berada di satu lokasi dan belum menyebar, pendekatan pengobatan yang paling umum adalah operasi untuk menyembuhkan kanker. Hal ini sering terjadi pada kanker kulit, juga kanker paru-paru, payudara, dan usus besar.
Beberapa jenis kanker membutuhkan kombinasi pengobatan. Limfoma, atau kanker kelenjar getah bening, jarang diobati dengan operasi. Kemoterapi, terapi radiasi, dan terapi nonsurgical lainnya sering digunakan.

No comments:

Post a Comment