Beberapa Legenda Penguasa Lautan

Legenda Penguasa Lautan -Sudahah tak di ragukan lagi jika pantai dan Laut memiliki keindahan yang mempesona, mamun di balik keindahan pantai dan laut tersebut juga menyimpan banyak cerita,Mitos dan Legenda, beberapa orang menyakini adanya mahluk yang menguasai Lautan mereka di percaya untuk mengendalikan semua hal yang terjadi di Lautan tapi tak banyak yang tau kalau penguasa lautan ini ada hampir di setiap Negara dengan kisah,Legenda dan kepercayaan yang berbeda, berikut beberapa Legenda penguasa Lautan.


Lautan.

Penguasa laut Ratu Pantai Selatan

Ratu Laut Selatan adalah sebutan yang ada pada umumnya yang merujuk pada dua tokoh ia itu kanjeng Ratu Kidul dan Nyiroro Kidul Tokoh ini sangat Populer di kalangan para masharakat pulau jawa dan Bali.

kepercayaan akan penguasa Laut di selatatan jawa atau samudra Hindia teru tama di kenal oleh suku Sunda dan jawa.

tidak di ketahui dengan pasti sejak kapan Legenda ini dikenal namun Legenda mengenai penguasa mistik pantai selatan mencapai tingkat tertinggi di kalangan penguasa keraton dinasti mataram islam,kesultanan jokjakarta dan kasunanan suryakata .

berbagai kisah dan Legenda serta mitos mitos dari tokoh Legendaris ini dan pantai pelabuhan Ratu di kaitkan sebagai tempat berkuasanya sang Ratu Pantai Selatan, di sekitar Lokasi tersebut tepat nya di Karang Hawu terdapat tempat petilasan Ratu pantai selatan yang dapat di kunjung untuk melakukan ritual tertentu, ataupun hanya sekedar melihat lihat.

Legenda Ratu Jung jun Buih Penguasa Selat Karimata

Teragedi pesawat AirAsia masih menyisakan duka bagi tanah Air,pencarian masih terus di lakukan dan penemuan badan pesawat telah mendapat titik terang. 

belakangngan ini sejumlah tokoh adat dan parnormal setempat di undang untuk membantu peroses pencarian Pesawat naas tersebut .

kemudian muncul cerita rakyat setempat tentang ratu penguasa Laut tempat jatuh nya pesawat tersebut di selatat karimata,menurut salah satu tokoh adat kalimantan Gusti kadran konon Selat Karimata terkenal angker dan di pimpin oleh Ratu Penguasa Laut itu bernama Ratu Jung jun buih.

Jung jun buih di sebut sebagi istri pangeran Surya Lata yang memberikan keturunan-keturunan yang berkuasa di kalimantan,dia adalah putri pertama di kalimantan Buah hasil pertapaannya di Candi Agung  dan di temukan dari tumpukan Buih di sungai. 

Semua ilmu yang di miliki Ratu Puripan di berikan kepada Ratu Jungjun Buih yang membuatnya Cerdas dan menjadi panutan rakyat Amuntai karna Ratu Puri Pan menjadi pengasuhnya. 

terlepas dari benarnya dan tidaknya cerita ini sebagai manusia kita harus pasrah dan berdoa agar semua korban dapat di temukan .

Baca juga : Beberapa Jalan Keren Dan Menarik Di Indonesia

Poseindon Dewa Penguasa Laut Dalam Metologi Yunani

Dalam Mitologi Yunani Poseindon di kenal sebagai Dewa penguasa Laut,Sungai dan Danau. 

Dewa poseidon selau di gambarkan sebagai peria yang pekasa berjenggot,dan membawa Trisula, di kononkan Satu pukulan dari Trisulanya bisa membelah Bumi. 

Poseidan terkadan di gambarkan bertubuh setengah ikan dan mengendarai kereta yang di tarik oleh dua Hipokampos.

seperti kebanyakan Dewa Laut memiliki kemampuan untuk merubah wujud nya tetapi Poseindon tidak memiliki kekuatan meramal, pigur Poseidon tidak memiliki karakter Keagungan seperti sodaranya Zeus tetapi lebih mencermin kan ciri has Lautan yang bisa berubah rubah kadang bergejolak dan kadang tenang.

Orang Yunani Kuno percaya jika Posaeindon adalah Dewa yang menciptakan Pulau Pulau Baru dan membuat Laut menjadi Tenang, tetapi jika Poseindon sedang marah maka dia akan membenturkan Trisulanya dan menyebabkan banjir,Gempa bumi dan kehancuran Kapal Laut.

Legenda Penguasa Laut Kraken 

Jika di yunani terdapat Poseidon sebagai Dewa penguasa Lautan. 

Di Lautan wilayah Islandia dan Norwegia terdapat legenda penguasa Laut yang di huni Moster Laut yang bernama Kraken. 

kisah Moster Kraken begitu Melegenda di kalangan Laut Norwegia selam ribuan Tahun, istilah Kraken pertama kali di peroleh dalam sebuah Jurnal  siskesma  pada Tahun 1735 jurnal itu berisikan Nama Monster Monster Norwegia yang hidup di abad ke 12 . 

Dalam jurna tersebut Kraken di kisahkan sebagai mahluk sangat besar yang hidup di sekitar per airan sebelah Utara Norwegia, sementara itu Erik Lukpisen pontotidan ustukpergen penah menulis di dalam buku nya narurai History Norway yang terbit pada Tahun 1752. 

Menurur Pontotidan Keraken memiliki ukuran sebesar sebuah pulau yang terapung dan memiliki tentakel seperti Bintang Laut ia juga menyebutkan kalou mahluk ini bisa mengulung kapal yang lewat dengan tentakelnya dan menariknya ke dasar Lautan.

Legenda Penguasa Laut The Flying Dutchman

Flying Dutchman di kenal sebagai Legenda kapal Hantu Penguasa Lautan . 

Seperti Legenda Legenda pada umum nya banyak Versi mengenai kisah Flying Dutchman ini, bahkan beberapa Negara di Eropa seperti Belanda dan Ingris mengclaim Legenda Flying Dutchman sebagai Legenda di Negaranya.

Terlepas dari itu semua sejarah dari Flying Dutchman sendiri bermula pada abad ke 17, ketika seorang kapten Kapal berasal dari Belanda mengarungi samudra dari Belanda ke jawa, Veris lain menyebutkan konon kapal tersebut melaju dengan kecepatan yang tidak bisa di bayangkan oleh orang orang jaman dulu, karnannya mereka di curigai bersekutu dengan iblis dan meminta bantuannya.

Baca juga : Fakta-fakta kehancuran Bumi di masa depan

Penguasa Laut Tian Shang Sheng (Ma Zu) 

Orang orang tiongkok juga percaya dengan adanya Dewi penguasa Laut yang bernama Tian Shang sheng atau di kenal juga dengan sebuatan (MA ZU).

Karna hidup nya sederhana dan gemar berbuat kebaikan masharakat memangilnya Lin sangren atau (Lin) berari orang yang baik.

MA ZU sendiri sebenarnya adalah seorang gadis bernama Lin Mo yang di lahirkan di keluarga pejabat, sejak kecil ia di kenal pintar dan pempunyai daya ingat yang baik dan dia juga mampu menyembuhkan penyakit orang sakit dan mengajarkan orang bagai mana untuk mencegah penyakit setelah berumur 28 tahun ia memutuskan untuk naik ke puncak Gunung dan menjadi seorang Dewi Laut. 

Ia dikenal sebagai Dewi Laut yang suka menolong para pelaut dan menjadi pelindung para pelauat, semenjak jaman Dinasti Shong dan Dinasti King tidak kurang dari 28 gelar penghormatan yang di anugrahkan oleh kerajaan kepada beliyau.

MA ZU juga menjadi sebuah indetitas bagi orang orang Tiong Hoa ini terlihat dari bayaknya kuil MA ZU yang tersebar di seluruh Dunia yang jumlahnya mencapai lebih dari 5000 Kuil.

Itulah beberpa Legenda penguasa laut,terlepas dari benarnya dan tidaknya Legenda ini itu semua tergantung anda yang mempercayainya.

No comments:

Post a Comment