Pentingnya Peranan Kalsium Bagi Anak Dan Remaja, Yuk Dibaca!

Pentingnya Peranan Kalsium Bagi Anak dan Remaja | Blog Kang Hamzah - Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Tetapi seringkali anak-anak tak mendapatkan asupan kalsium yang cukup baginya. Penelitian dari "British Research Nutrition" mengatakan bahwa sebagian orang Indonesia mengkonsumsi kalsium itu hanya 40% saja dari total kebutuhan. Padahal, peranan kalsium tersebut sangatlah besar bagi pertumbuhan sang anak.

Shobat Blog Kang Hamzah, seperti yang telah kita ketahui kalsium itu sangat di butuhkan sekali untuk anak-anak, sebab mereka memerlukan kalsium supaya tulang dan juga giginya cepat tumbuh dan sehat. Untuk itu, kita sudah merangkum beberapa manfaat serta peranan kalsium kepada anak maupun remaja yang mulai tumbuh dewasa. Berikut ini beberapa peranan kalsium yang penting bagi anak-anak maupun remaja, simak penjelasannya berikut ini : 

Pentingnya Peranan Kalsium Bagi Anak Dan Remaja, Yuk Dibaca!
Salah Satu Makanan Yang Mengandung Kalsium


Peran Kalsium Bagi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja

1. Proses Pertumbuhan Tulang
Tulang adalah salah satu bagian tubuh yang 99% kandungannya ialah kalsium. Jadi supaya tulang anak tumbuh dengan begitu sempurna, asupan nutrisi kalsium pun juga harus cukup. Pada anak yang kekurangan asupan zat kalsium bisanya ditandai dengan kondisi tubuh yang lemah lesu, kram otot, berkeringat, nyeri perut, kejang, tidur terganggu dan tulang keropos. Gejala-gejala seperti ini nantinya akan mengganggu tumbuh kembangnya si anak. 

2. Metabolisme Tubuh
Kalsium merupakan mineral yang sangat paling banyak terdapat di dalam tubuh seorang manusia. Kira-kira 99% zat kalsium terdapat di dalam jaringan keras yakni pada tulang serta gigi 1% zat kalsium terdapat pada darah, dan juga jaringan lunak. Tanpa adanya kalsium yang 1% ini, maka metabolisme tubuh si anak akan terganggu.

3. Mencegah Pengeroposan Tulang Massa Mendatang
Tulang bisa dikatakan sebagai cadangan zat kalsium tubuh. Jika makanan yang dimakan tak bisa memenuhi kebutuhan, maka tubuhnya akan mengambilnya dari tulang. Kalau hal seperti ini terjadi dalam waktu yang sangat lama, maka tulang tersebut akan mengalami pengeroposan. Anak-anak yang kebutuhan zat kalsiumnya terpenuhi dengan cukup baik, maka akan bisa mencegah pengeroposan tulang pada massa mendatang. 

4. Kecerdasan Anak
Pentingnya peranan zat kalsium terhadap anak-anak yang berpengaruh pada saraf anak. Tanpa adanya zat kalsium, saraf anak tidak bisa membawa pesan. Sistem saraf sangatlah berpengaruh pada kecerdasan sang anak. Sistem saraf yang sehat bisa membuat anak cepat menerima informasi. 

5. Imun Tubuh
Anak-anak yang kekurangan zat kalsium biasanya sangat lemah, lesu, sering berkeringan, kram otot, sering mengalami nyeri perut, gangguan tidur sampai sering kejang. Zat kalsium dalam hal tersebut ini berperan sangat penting dalam menjaga imun (Kekebalan tubuh)sang anak. Selain itu, kalsium juga bisa membuat anak tak mudah sakit.

Demikian sedikit informasi mengenai seberapa pentingnya peranan kalsium bagi anak dan remaja tersebut. Jadi, buat ibu-ibu yang ingin anaknya tumbuh dengan sehat dan baik, maka sebaiknya berikan asupan makanan yang mengandung banyak kalsiumnya. Silahkan baca juga mengenai bahaya sering makan mie instan setiap hari . Terima kasih sebelumya sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment