Mom! Ini Lho Beberapa Pantangan Ibu Hamil Yang Harus Dihindari

Apa Saja Pantangan Ibu Hamil Yang Harus Dihindari, Ini Dia! | Blog Kang Hamzah - Tumbuh kembangnya si janin di dalam perut sang ibu itu tergantung apa saja yang dilakukan si ibu hamil sendiri. Biasanya ibu hamil harus menjaga perilakunya dalam sehari-hari, misalnya pantangan untuk ibu hamil. Biasanya si ibu hamil harus memperhatikan segala sesuatunya seperti pada asupan makanannya yang harus di konsumsi, dan kegiatan apa saja yang boleh dilakukan seperti senam yang baik untuk ibu hamil bagaimana, serta posisi tidurpun harus lebih dijaga.

Semua itu dilakukan supaya calon bayi bisa lahir dalam keadaan yang sehat dan selamat. Salah satu pantangan yang tak boleh dikerjakan oleh ibu hamil ialah terjatuh dan mengangkat benda maupun barang-barang yang berat, sebab bisa menyebabkan keguguran pada si ibu hamil tersebut. Berikut ulasan lengkap mengenai apa saja pantangan ibu hamil yang harus di hindari.

Mom! Ini Lho Beberapa Pantangan Ibu Hamil Yang Harus Dihindari
Ibu Hamil. (Gambar: Ummi-Online)


Macam-macam Pantangan atau Larangan Saat Ibu Hamil


Mengkonsumsi Makanan Mentah
  • Pantangan bumil yang pertama ialah jangan mengkonsumsi asupan makanan yang masih mentah, karena makanan mentah seperti daging maupun sayuran bisa memicu tingginya resiko gangguan pada kesehatannya. Dan untuk makanan mentah seperti sushi, daging setengah matang serta adonan mentah yang banyak mengandung bakteri, virus dan parasit yang bisa mengganggu tumbuh kembangnya si janin di dalam perut sang ibu hamil.

Apalagi kalau usia dari kandungannya yang masih tergolong muda, juga masih rentan terkena keguguran. Sayuran mentah misalnya seperti kecambah memiliki resiko bakteri tinggi kalau dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Maka sebaiknya pastikanlah sayuran yang anda konsumsi tersebut sudah benar-benar matang atau belum guna menghindari resiko besar terhadap kesehatan si janin.

Ikan Yang Mengandung Bahan Kimia Merkuri
  • Pantangan bagi ibu hamil yang kedua yaitu mengkonsumsi ikan yang mengandung merkuri. Umumnya ikan yang berasal dari laut memang tergolong sangat baik bagi kesehatan tubuh serta kesehatan si janin. Tetapi seorang bumil (bunda hamil) harus bisa seselektif mungkin karena ikan tersebut mempunyai kandungan merkuri yang tidak baik bagi kesehatan janin. Beberapa ikan yang mengandung merkuri tinggi ialah ikan todak, tile fish dan juga ikan mackerel, dari ikan-ikan tersebut dikhawatirkan kandungan merkurinya bisa mengganggu sistem saraf dan juga perkembangan otak si janin. 

Mengkonsumsi Alkohol
  • Alkohol ini adalah pantangan bumil yang paling berbahaya. Minuman beralkohol bisa menghambat asupan nutrisi yang ingin masuk ke dalam tubuh si janin. Selain itu, bisa membuat oksigen sebagai kebutuhan si janin menjadi tersendat. Alkohol juga bisa mempengaruhi kemampuan otak si janin sehingga bagi seseorang yang pecandu berat alkohol saat dirinya mengandung akan menyebabkan resiko terkena gangguan di otak serta fisik si janin tersebut dan bahkan termasuk untuk IQ-nya. 

Mengkonsumsi Makanan Yang Ber-Kafein
  • Berbagai macam penelitian mencoba menghubungkan mengkonsumsi kafein dengan kehamilan. Mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang cukup banyak memang bisa mengganggu kesehatan setiap orang, apalagi buat seorang ibu hamil. Mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang besar bisa menyebabkan resiko keguguran bagi si ibu hamil atau kelahiran sang janin premature, dan bahkan bisa-bisa berujung sampai kepada kematian pada si janin saat keluar.

Nah, sekarang anda sudah tahu tentang artikel apa saja pantangan ibu yang sedang hamil tersebut. Jika anda sedang dalam massa kehamilan, apalagi kehamilan yang pertama maka sebaiknya berhati-hatilah dan ikuti pantangan-pantangan atau larangan-larangan seperti di atas tersebut. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment