Sebelum kita berlanjut ke cara bagaimana cara cepat membuat file PDF, sedikit mengulas file PDF. Apa itu file PDF? seperti yang pernah di kutip oleh wikipedia bahwa Portable Document Format (PDF) merupakan sebuah format berkas yang di buat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 dengan tujuan untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Selain itu, format file PDF digunakan untuk mempresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi huruf, teks, grafik vektor dua dimensi, dan citra.
Kelebihan lain dari file PDF ini yaitu bisa memproteksi file apabila ada yang mau mencoba menggandakan file tersebut. Berikut cara bagaimana membuat file PDF dengan mudah dan cepat hanya dalam hitungan detik.
Cara Cepat Dan Mudah Membuat File PDF
1. Buka file Microsoft Office (Word, Excel, Power Point, dll) yang akan di buat menjadi file PDF. Dalam hal ini ane mencoba membuatnya menggunakan dokumen Ms. Office Word.2. Pilih tombol Office Button yang berada di bagian atas sebelah kiri (lihat gambar. 1)
Gambar 1. Tombol Office Button |
3. Pilih Save As, lalu klik PDF or XPS
Gambar 2 |
4. Tulis nama file yang akan shobat simpan. Kemudian klik Publish.
Gambar 3. |
5. Selesai
Nah, shobat blog kang hamzah, itulah sekilas mengenai cara mudah dan cepat bagaimana membuat file PDF yang bisa shobat coba di rumah. Bisa juga untuk menyimpan file atau arsip seperti karya ilmiah, skripsi, tesis, dan sejenisnya. Dengan tujuan tak lain adalah agar tidak ada yang menjiplak hasil karya kita. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment