Manfaat Buah Belimbing

Khasiat buah belimbing. Buah belimbing merupakan salah satu jenis buah yang mudah dijumpai karena cocok tumbuh di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia. Belimbing merupakan buah yang bisa di buat rujak atau ramuan untuk kesehatan karena buah belimbing tanaman yang sangat manis bermanfaat dari akar, bunga, daun dan buah.
    
Manfaat  Akar belimbing manis

Akar belimbing bisa digunakan sebagai ramuan atau racikan  obat untuk mengatasi penyakit rematik.

Manfaat  Bunga Belimbing manis

Untuk Bunga belimbing juga bisa sering dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat untuk mengatasi beberapa penyakit karena khasiat yang alami tanpa ada bahan kimia penyakit nya antara lain batuk, sariawan ( stomatitis),dan juga malaria.

Manfaat  Daun belimbing manis

Untuk Daun belimbing yang manis juga dapat dijadikan ramuan obat untuk mengatasi sakit pada perut, gondongan ( parotitis), maag, melancarkan air seni, dan sebagai obat bisul.yang memerlukan pengolahan yang benar.

Manfaat Buah belimbing

Buah belimbing yang segar dan manis ini sering sekali banyak dimanfaatkan sebagai sumber konsumsi atau pun obat, sebagai konsumsi, buah belimbing bisa dimakan secara langsung ketika buah matang, ataupun diolah terlebih dahulu secara modern seperti dibuat wine, jus, ataupun acar teh.Sayang sekali jika anda tidak memanfaatkan buah belimbing ini.

Buah belimbing ini berbentuk unik beda dengan buah lainnya, buah ini berbentuk seperti bintang. Dengan rasanya yang manis asam yang membuat buah ini banyak disukai banyak orang, buah ini sering dibuat dalah bentuk jus, rujak dan untuk sayur. Belimbing ternyata memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin B6, vitamin E, kalsium, potasium dan zat besi. Berbagai nutrisi yang telah disebutkan tentu berperan luar biasa untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh yang anda miliki

Ada lagi manfaat dari belimbing diantaranya adalah :


1. Membantu Menurunkan Berat Badan Anda.

Buah belimbing memiliki kandungan kalori sejumlah 30 kalori per buahnya. Jadi sangat baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, dengan menyediakan buah ini dalam menu makanan harian anda

2. Penyembuh Dari Berbagai Penyakit.

Berbagai penyakit yang dimaksud yaitu demam, bisul, sakit tenggorokan maupun batuk. Selain itu, belimbing juga sangat ampuh mencegah penyakit diabetes.

3. Mengurangi Kadar kolesterol jahat

Pada belimbing terdapat zat pektin yang mengurangi kolesterol dalam darah. Pektin mengikat kolesterol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Tentu saja hal ini sangat baik bagi penderita gejala penyakit diabetes.

4. Kaya Antioksidan

Belimbing kaya akan antioksidan seperti flavonoid polifenol. Beberapa jenis flavonoid yang penting ini termasuk quercetin, epicatechin, dan asam galat. Total polifenol dalam buah ini mencapai 43 mg / 100 g. Senyawa ini membantu melindungi dari,  dari efek kerusakan akibat radikal bebas.

5. Menyehatkan Pencernaan

Buah beserta kulit belimbing memberikan pasokan serat makanan. Serat membantu mencegah penyerapan kolesterol LDL pada makanan dalam usus. Serat  juga akan membantu melindungi selaput lendir usus dari paparan zat beracun dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar. Kandungan serat pada belimbing membuat pencernaan lebih sehat dan menghindarkan dari resiko gejala kanker usus besar.

Berbagai manfaat belimbing dapat kita peroleh dengan mengkonsumsinya, namun kita tetap harus bijak saat memakannya. Belimbing terasa manis, karena kandungan glukosanya, sehingga tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Konsumsi buah yang beragam, dapat menjadi lebih baik, daripada hanya berkonsentrasi pada satu jenis buah saja.

No comments:

Post a Comment