Bahaya Akibat Kurang Tidur Untuk Kesehatan

Bahaya Akibat Kurang Tidur Untuk Kesehatan - Setiap mahkluk hidup yang berada di dunia ini mesti mengalami yang namanya tidur. Apa itu tidur? Pengertian tidur menurut Mas Wiki yaitu dimana suatu keadaan istirahat yang dilakukan secara alami oleh semua makhluk hidup. Karena tidur begitu sangat penting bagi makhluk hidup.

Manusia rata-rata menghabiskan sepertiga dari waktu kesehariannya atau waktu hidupnya dihabiskan dengan tidur. Tidur bukan hanya karena manusia itu kelelahan atau karena lelah bekerja seharian, tetapi juga karena tidur merupakan kebiasaan dan merupakan salah satu pola hidup yang harus dikerjakan. Karena apabila manusia itu kurang tidur atau bahkan sampai tidak tidur maka akan banyak sekali bahayanya untuk kesehatan tubuh kita. Berikut bahaya akibat kurang tidur untuk kesehatan tubuh.

bahaya kurang tidur, akibat kurang tidur, gambar orang tidur, efek buruk kurang tidur bagi tubuh
Akibat kurang tidur

Bahaya Akibat Kurang Tidur Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Kanker, Menurut penelitian terhadap 1.245 orang para peneiliti Case Western University, mengemukakan bahwa 47 persen akan mengalami penyakit polip kolorektal terhadap orang yang tidur di malam hari kurang dari 6 jam dibandingkan dengan orang yang cukup tidur di malam hari.
  2. Kanker Payudara, menurut peneliti dari Tohuku University Graduate School of Medicine (UGSM) yang ada di Jepang, mereka mlakukan penelitian kepada 24.000 wanita dengan usia 40 tahun sampai dengan 79 tahun, dalam penelitian tersebut menemukan bahwa peserta yang tidurnya kurang dari 6 jam setiap malamnya akan lebih beresiko terkena kanker payudara sekitar 62 persen dibanding dengan orang yang cukup tidurnya yiatu sekitar 8 - 9 jam setiap malam.
  3. Diabetes, bagi para penderita diabetes tipe 2 kekurangan tidur ini akan mengakibatkan kadar glukosa dalam darah naik hingga 9 persen, selain itu juga akan mengakibatkan hormon insulin pada penderita diabetes tipe 2 akan naik hingga 30 persen dan dapat meningkatkan resistensi insulin hingga 43 persen.
  4. Daya tahan tubuh menurun, selain istirahat yang alami tidur juga merupakan suatu proses dimana tubuh akan meregenerasi sel-sel yang ada di dalam tubuh. Apabila tubuh kita kurang tidur, maka tubuh kita akan lemas dan tidak semangat, lesu. Sehingga tubuh akan mudah terserang oleh berbagai macam virus, walaupun virus itu ringan, mudah flu atau batuk misalnya. Atau bahkan mungkin sahabat-sahabat mengatur pola makan yang baik tetapi tanpa diimbangi dengan tidur yang cukup tetap daya tahan tubuh kita akan lemah.
  5. Konsentrasi menurun, bagi sahabat-sahabat yang yang bekerja dengan menggunakan pikiran, sebagai guru, dosen, atau pengajar lainnya, atau sahabat adalah seorang pelajar atau mahasiswa maka harus berhati-hati dengan kurang tidur, krena ini akan mengakibatkan konsentrasi kita terganggu. Sehingga akan sulit untuk mengingat pelajaran yang sudah pernah disampaikan atau sesuatu yang sudah kita lakukan.
  6. Tidak baik untuk kulit dan mata, kita semua tahu bahwa orang yang kurang tidur ini akan mengakibatkan kulit kita terlihat kusam dan pucat, dan juga akan mengakibatkan mata kita menjadi bengkak.
  7. Kematian, bahaya akibat kurang tidur yang terkhir adalah kematian. Pernah ada penelitian yang menyatakan bahwa orang yang berumur 45 tahun yang dengan jam tidur yang tidak cukup ini akan lebih beresiko mengalami kematian dua kali lipat di banding dengan orang yang mempunyai jam tidur yang cukup.

Itulah beberapa bahaya akibat kurang tidur untuk kesehatan tubuh kita. Walaupun kita sibuk, gunakan dan sempatkan waktu kita untuk bersitirahat sejenak, ingat kita manusia bukan robot yang harus bekerja dan terus bekerja. Terima kasih semoga bermanfaat.


Tags :
Bahaya Kurang Tidur bagi kesehatan
Akibat Kurang Tidur bagi tubuh
Efek Buruk Akibat Kurang Tidur di malam hari

No comments:

Post a Comment